DOSEN PRODI P.BIOLOGI UNIPMA GO TO JAPAN: LESSON STUDY FOR LEARNING COMMUNITY (LSLC) 

Pergi ke negara Sakura mungkin menjadi salah satu impian kita, karena Negara tersebut terkena lindah, maju, bersih dan tertib. Dan impian tersebut terwujud dengan diikutinya program kompetisi bergengsi Dikti yaituShort Term Training On Lesson Study (STOLS) for Institutes Of Teachers And Education Personnel (ITTEP) oleh ibu dosen kita Dr, MarhenyLukitasari,M.Pd. Selama satu bulan beliau belajar Lesson Study and Learning Community (LSLC) bersama 19 dosen lain dari seluruh Indonesia.

            LSLC yang dipelajari di Jepang tersebut memiliki sejarah panjang reformasi pendidikandan reformasi sekolah melalui jaminan hak belajar pada setiap peserta didik.Dosen atau guru perlu untuk mengenali kemampuan peserta didiknya dan kemudian mendampingi untuk keberhasilan proses belajarnya dengan lebih baik.

            Selama di Jepang serangkaian kegiatan juga diikuti, seperti melakukan observasi di sekolah wilayah Okinawa yang membutuhkan penerbangan dua jam dari Tokyo. Daerah pinggir pantai tersebut cukup terpencil namunmemiliki kualitas pendidikan yang ternyata menjadi salah satu rujukan di Jepang setelah menerapkan LSLC selama dua tahun belakangan. International conference dengan tajuk World Asossiation of Lesson Study (WALS) 2017 di Nagoya University, Nagoya juga menjadisalah satu agenda penting yang diikuti. Dalam kesempatan bergengsi tersebut, dipresentasikan artikel hasil penelitian dalam sidang pararel dengan audience dari banyak negara dengan judul Development Of Lesson Plan And The Teaching Ability Of Biology Pre-Service Teacher Through  Microteaching-Lesson Study.

Implementasi dari kegiatan berdasar LSLC yang sudah didapatkan dari Jepang tersebut akan dilanjutan dan diwujudkan melalui insiasi kerjasama yang selama ini sudah terbangun dengan Dinas Pendidikan Kabupaten dan sekolah mitra yang memiliki komitmen untuk melakukan reformasi sekolahnya menjadi lebih baik. Tentu saja dengan melibatkan civitas akademika UNIPMA, termasuk dosen, mahasiswa dan pemangku kepentingan yang peduli terhadap kemajuan pendidikan Indonesia.