Bimbingan Teknis Pranata Laboratorium Pendidikan Tingkat Terampil Kemenristekdikti 2018 

Demi peningkatakan sumber daya laboratorium yang kompeten, Prodi Pendidikan Biologi mendorong laboran untuk turut aktif dalam berbagai pelatihan. Salah satunya pelatihan dari Direktorat Karier dan Kompetensi SDM, Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti dengan bentuk Bimbingan Teknis bagi laboran atau PLP tingkat terampil yang dilaksanakan pada tanggal 1 - 4 Agustus 2018 di Hotel Aryaduta Kota Makassar.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendorong dan memfasilitasi tenaga laboratorium (laboran dan PLP) dalam memahami dan menerapkan pengelolaan laboratorium berbasis standar manajemen mutakhir dengan harapan laboratorium perguruan tinggi peserta bimtek dapat memiliki kompetensi yang baik dan memadai. Pemateri dalam kegiatan ini adalah:

  • Mulyono, S.H., M.M, Kepala Subdirektorat Karir Tenaga Kependidikan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.
  • Dr. Drs. Komar Sutriah, M.Si., Divisi Kimia Fisik, Departemen Kimia, Institut Pertanian Bogor.
  • Tri Joko Raharjo, S.Si., M.Si., Ph.D., Departemen Kimia, Laboratorium Kimia Organik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Gadjah Mada.
  • Dr. Bambang Supriatno, M.Si., Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia.
  • Andi Setiawan, M.Sc., Ph.D., Prodi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lampung.
  • Drs. Kunto Purbono, M.Sc., Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Semarang.

Materi yang diperoleh diantaranya kebijakan pengembangan karir tenaga kependidikan, standarisasi laboratorium, pengelolaan metode, pengelolaan lingkungan kerja, kesehatan dan keselamatan kerja (K3), pengelolaan limbah, penjaminan mutu kegiatan laboratorium, pengelolaan bahan laboratorium, serta pengelolaan peralatan laboratorium.

Dilaksanakan pula kunjungan bersama ke laboratorium IPA Terpadu Universitas Hassanuddin Makassar untuk melihat secara langsung pengelolaan laboratorium dan berdiskusi langsung dengan Pranata Laboratorium Pendidikan didalamnya mengenai perawatan alat-alat laboratorium, sistem pengecekan dan kalibrasi secara berkala yang dilakukan oleh teknisi, pembagian ruang-ruang alat, pengoperasian alat dan tanggung jawab operator alat agar dapat digunakan dengan benar.

Kegiatan ini mampu menjejaringkan laboran dengan peserta lain dari berbagai universitas negeri maupun swasta di seluruh Indonesia sehingga kedepannya dapat berbagi informasi, keilmuan dan kegiatan serta pelatihan lain dengan lebih maksimal yang sejalan dengan kemajuan laboratorium yang diampu.