Tingkatkan Kompetensi, Prodi Pendidikan Biologi UNIPMA Gelar FGD Pemetaan Kepakaran Dosen 

Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan tugas utama dosen yang harus dilakukan. Kepakaran dosen menentukan kualitas dosen sebagai pendidik, peneliti dan pelaksana pengabdian kepada msyarakat.

Kepakaran dosen sangat menentukan arah pengembangan program studi dan peningkatan kompetensi mahasiswa dan lulusan.

Sebagai upaya peningkatan kualitas dosen, program studi Pendidikan Biologi UNIPMA Madiun menggelar Focus Group Discussion (FGD). Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 3-4 Juli 2024 dan dihadiri oleh 10 dosen Pendidikan Biologi. FGD ini membahas pemetaan kepakaran dosen dan kelompok riset dosen. 

“Pemetaan kepakaran dosen ini bertujuan untuk memperdalam keilmuan dosen agar menghasilkan karya inovatif, produktivitas dan kebermanfaatan bagi mahasiswa dan masyarakat," ungkap Joko Widiyanto, M.Pd, Kaprodi Pendidikan Biologi UNIPMA.

Hasil FGD menunjukkan bahwa di Prodi Pendidikan Biologi UNIPMA, kepakarannya masuk dalam rumpun ilmu terapan. Kepakaran dalam lingkup cabang keilmuan terdiri dari Biologi, BIologi Terapan, Pendidikan Biologi dan Mikrobiologi. Lebih detail dalam kajian ranting keilmuan terdiri dari mikrobiologi pangan, bahan ajar biologi, assessment biosains, media pembelajaran digital, perencanaan pembelajarn biologi, pengembangan strategi pembelajaran, mikrobiologi, ekologi dan pengembangan media pembelajaran inovatif.

Selain itu, juga dilaksanakan koordinasi grup riset yang terdiri dari tiga bidang yaitu strategi, evaluasi dan inovasi pembelajaran; ekologi, bioteknologi dan keanekaragaman hayati serta pengembangan telemedicine.

“Harapannya riset grup dan pemetaan kepakaran dosen ini relevan untuk pengembangan karir dosen sesuai kegiatan Tri Dharma perguruan Tinggi," kata Dr. Wachidatul Linda Yuhanna, M.Si peserta FGD Prodi Pendidikan Biologi Unipma Madiun.

Sumber : https://timesindonesia.co.id/indonesia-positif/503483/tingkatkan-kompetensi-prodi-pendidikan-biologi-unipma-gelar-fgd-pemetaan-kepakaran-dosen