Dosen dan Mahasiswa Pendidikan Biologi UNIPMA Ikuti Bimtek Budidaya Ikan Nila Sistem Bioflok 

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Budidaya Ikan Nila sistem bioflok. Kegiatan ini diikuti oleh tiga mitra yang telah menjalin kerjasama, termasuk Prodi Pendidikan Biologi UNIPMA Madiun.

Bimtek ini merupakan salah satu wujud kegiatan pelaksanaan penyuluhan pertanian tahun 2024. Narasumber bimtek ini adalah Chrisbiyantoro, S.Ip dari Koordinator Dinas Perikanan Kepanjen, Jawa Timur dan praktisi, Panji.

Materi yang disampaikan adalah pengenalan ikan nila, sistem bioflok, keuntungan budidaya ikan nila dengan sistem bioflok, persiapan kolam bioflok manajemen kualitas air dalam sistem bioflok dan kendala sistem bioflok.

“Budidaya ikan nila sistem bioflok ini jika dilakukan dengan serius, jauh lebih efektif dan potensial untuk komersialisas," ungkap Chrisbiyantoro, S.Ip.

Dosen dan mahasiswa Pendidikan Biologi Unipma Madiun sangat antusias mengikuti kegiatan bimtek. Materi yang disampaikan narasumber sangat lengkap dan berkaitan dengan mata kuliah biologi terapan, kewirausahaan dan keanekaragaman hewan.

“Penjelasan sangat lengkap, saya jadi mengerti cara budidaya ikan nila secara bioflok, saya tidak sabar untuk mengelola nila bioflok di lokasi UNIPMA Madiun,” ungkap Reza, mahasiswa Pendidikan Biologi.

Setelah Bimtek budidaya ikan nila secara bioflok, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun, memberikan bantuan 3 kolam nila bioflok untuk dikembangkan secara komersial.

Hal ini disambut baik oleh UNIPMA Madiun. Mahasiswa dan dosen berkomitmen untuk merawat nilai sesuai dengan arahan dan pendampingan dari dinas dan praktisi. Harapannya ini sebagai pilot project pengembangan perikanan modern di Kota Madi

 

Sumber : https://timesindonesia.co.id/indonesia-positif/503484/dosen-dan-mahasiswa-pendidikan-biologi-unipma-ikuti-bimtek-budidaya-ikan-nila-sistem-bioflok