Tebar Benih Nila Larasati Sistem Bioflok, UNIPMA Siap Kembangkan Agribisnis Modern 

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun bersama Program Studi Pendidikan Biologi UNIPMA Madiun (Universitas PGRI Madiun) menggelar acara tebar benih unggul ikan nila larasati di kolam bioflok. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan kerjasama budidaya ikan nila secara modern. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun memberikan bantuan tiga kolam bioflok, sekaligus benih nila dan pakan untuk kegiatan agribisnis yang dikelola dosen dan mahasiswa MADIUN. Kegiatan ini juga sebagai bentuk penguatan agribisnis di Kota Madiun. 

Benih yang diberikan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun adalah ikan nila Larasati, benih nila unggul dari Klaten yang sangat potensial untuk dikembangkan secara bioflok. Dosen dan mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti dan menyimak arahan dari praktisi pendamping.

Benih yang unggul dan bersertifikat merupakan komponen utama dalam keberhasilan budidaya ikan nila. Selain itu juga didukung dengan manajemen dan perawatan secara intensif sesuai dengan standar agribisnis modern.

Setelah kegiatan tebar benih ikan nila Larasati, akan dibentuk kepengurusan manajemen perawatan kolam bioflok oleh tim dosen dan mahasiswa UNIPMA. Kegiatan ini selain skills dalam agribisnis, juga memberikan bekal secara nyata dalam untuk menjadi wirausaha. Adanya kolam bioflok ini dapat digunakan sebagai laboratorium praktik bagi mahasiswa bagi mata kuliah yang terkait.

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun, berharap ini sebagai pilot project ketahanan pangan di Kota Madiun dari bidang perikanan, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar dan konsumen. 

“Sangat senang dan bersemangat, kami diberikan tempat praktik langsung budidaya dan pendampingan dari praktisi, sehingga jika ada teknis budidaya yang belum kami pahami, bisa langsung konsultasi pada ahlinya nila bioflok,” kata Prahmawati, mahasiswa Pendidikan Biologi UNIPMA.
  Pada kesempatan ini UNIPMA Madiun menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang dilakukan bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun.

 

Sumber : https://timesindonesia.co.id/indonesia-positif/503663/tebar-benih-nila-larasati-sistem-bioflok-unipma-siap-kembangkan-agribisnis-modern