Capaian Pembelajaran
Ranah Sikap
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
CP Sikap Penciri Prodi Sarjana Pendidikan Biologi Universitas PGRI Madiun
- Menginternalisasi karakter khususnya sikap apresiatif terhadap potensi kearifan lokal.
- Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur dasar Biologi berkaitan dengan unity, continuity, diversity, dan interaction dalam Biologi serta terapannya melalui kerja ilmiah dan berpikir ilmiah minimal sesuai dengan kedalaman dan keluasan bagi pembelajaran Biologi di sekolah;
- Menguasai konsep teoritis pendidikan secara umum melalui prosesberpikir ilmiah, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural bidang kependidikan;
- Menguasai filosofi, pendekatan, metode, model, media, dan evaluasi untuk mendukung pembelajaran Biologi di kelas dan sekolah yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill); dan
- Menguasai filosofi, konsep, prinsip, dan metode penelitian serta menerapkannya dalam kegiatan penelitian pendidikan Biologi di sekolah dan masyarakat.
Keterampilan Khusus
- Mampu menerapkan penguasaan konsep-konsep biologi dan ilmu pendidikan dalam merancang pembelajaran biologi dengan memanfaatkan perkembangan IPTEKS serta sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan, permasalahan di kelas dan sekolah, perkembangan peserta didik, dan karakteristik lingkungannya sehingga menghasilkan desain pembelajaran yang mendorong partisipasi aktif dan mengembangkan potensi setiap peserta didik.
- Mampu menerapkan penguasaan konsep-konsep biologi dan ilmu pendidikan dalam melaksanakan pembelajaran biologi dalam bahasa Indonesia dan atau salah satu bahasa internasional yang mendidik dengan memanfaatkan perkembangan IPTEKS serta sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan, permasalahan di kelas dan sekolah, perkembangan peserta didik, dan karakteristik lingkungannya sehingga peserta didik mampu mencapai tujuan pendidikan danmengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya;
- Mampu menerapkan penguasaan konsep-konsep biologi dan ilmu pendidikan dalam melakukan penilaian proses dan hasil belajar biologi secara sistematis dan berkesinambungan dengan memanfaatkan perkembangan IPTEKS serta sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan, permasalahan siswa, permasalahan di kelas dan sekolah, perkembangan peserta didik, dan karakteristik lingkungannya sehingga menghasilkan informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan
- Mampu menganalisis kurikulum biologi sekolah menengah melalui kegiatan telaah kurikulum sehingga menghasilkan indikator, bahan ajar, instrumen penilaian, strategi, dan media pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku
- Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui kegiatan penelitian dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai dengan konteks sekolah dan perkembangan peserta didik.
- Mampu membelajarkan konsep biologi dengan menerapkan subject specific pedagogy yang mempertimbangkan sifat dan karakteristik konsep biologi sebagai implementasi dari technological pedagogical content knowledge (TPCK) sehingga siswa mencapai tujuan pendidikan abad 21, yaitu siswa yang kreatif, kritis, komunikatif, dan kolaboratif;
- Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan gagasan tentang pendidikan biologi terkait berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan biologi pada tingkat nasional dan atau internasional dengan memanfaatkan teknologi informasi sesuai dengan perkembangan IPTEKS menggunakan bahasa Indonesia dan atau salah satu bahasa internasional;
- Mampu mengambil keputusan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran biologi, pemberian tindak lanjut serta pelaporannya, berdasarkan analisis data asesmen
- Mampu mengambil keputusan perbaikan mutu pembelajaran biologi di kelas maupun di sekolah berdasarkan hasil refleksi pembelajaran yang dilakukan secara mandiri maupun kolaboratif
- Mampu bertanggungjawab terhadap tugasnya sebagai pendidik serta menunjukkan etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga dan percaya diri sebagai pendidik, dan mampu berkomunikasi secara efektif, berlandaskan kode etik guru, baik di kelas, sekolah, maupun di masyarakat.
CP Keterampilan Khusus Penciri Prodi Sarjana Pendidikan Biologi Universitas PGRI Madiun
Keterampilan khusus Tambahan sebagai Pendidik Biologi
- Mampu mengkreasi praktik-praktik pembelajaran biologi yang inovatif dan kreatif sesuai dengan kecakapan hidup abad 21 dan literasi yang berorientasi pada perkembangan IPTEKS berbasis karakter dan kearifan lokal.
- Menguasai pengelolaan kelas dan keterampilan manajerial laboratorium sekolah dengan memanfaatkan perkembangan IPTEKS.
Ketrampilan Khusus Tambahan Sebagai Wirausahawan di bidang biologi.
- Mampu mengkreasi dan mengelola produk-produk wirausaha di bidang biologi dengan memanfaatkan IPTEKS.
Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang pendidikan biologi serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang pendidikan biologi;
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
- Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang pendidikan biologi dalam rangka menghasilkan prototipe, prosedur baku, desain atau karya seni, menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- Mampu menyusun hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaan bidang pendidikan biologi;
- mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerja sama di dalam maupun di luar lembaganya;
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
- Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.
CP Keterampilan Umum Penciri Prodi Sarjana Pendidikan Biologi Universitas PGRI Madiun
- Mampu menguasai teknologi berbasis karakter dan literasi umtuk meningkatkan kualitas pendidikan biologi.